Berbagi Pengalaman

Dalam memfasilitasi UKM perlu adanya saling pengertian antar kepentingan. Kepentingan UKM berharap dana yang diminta bisa segera turun. Kepentingan Bank berharap UKM mempunyai tata kelola administrasi yang baik. Pengalaman ini ketika kami memfasilitasi seorang pengusaha bengkel dan angkutan juga usaha penggilingan padi. Dari segi fisik memang usaha berjalan dan asset yang ada layak untuk dijaminkan. Kebutuhan dana yang diminta sebesar 1 milyar. Setelah melakukan kunjungan lapangan selaku konsultan, ada beberapa catatan yang harus diperbaiki yaitu pencatatan administrasi keluar masuk barang dan pendapatan pengeluaran belum terdokumentasi dengan baik Tugas fasilitaror memberi advise tentang hal ini. Perlu bimbingan praktek dalam melakukan pencatatan transaksinya. Kalau dilihat dari segi administrasinya pihak bank tidak akan memberika kredit sejumlah yang diminta. Setelah kita buatkan analisisnya sebagai bahan pertimbangan bank nantinya. Memang layak didanai, namun apakah sebesar itu. Karena sifat ngeyel pelaku bisnis kadang tidak menjadikan pihak bank menyetujuinya. Hal yang terpenting adalah fasilitator menyampaikan informasi apa adanya kepada pihak pihak terkait. Tawaran dari pihak bank tahap awal disetujui 150 juta dulu. Dilihat dari sisi ini memang bank mencoba dulu apakah selanjutnya lancar dalam pengembaliannya. Karena nasabah pertama kalinya sehingga sikap kehati hatian menjadi prioritas. Sekali lagi sebagai KKMB atau fasilitator adalah memberikan pengertian agar prosedur dan tahap tahap yang harus dilalui untuk dipenuhi terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: