Permasalahan Mediasi UKM

Pada dasarnya proses mediasi dapat berlangsung dengan baik dan mencapai sasaran yang di inginkan, jika para pihak dan mediator konsisten dan concern dengan hasil yang diharapkan dalam proses negoisasi. Beberapa permasalahan yang dapat mengganggu jalannya negoisasi antara lain :

  1. Salah satu pihak tidak dapat mengambil keputusan.

Biasanya ini terjadi jika para pihak mewakili kehadirannya dalam negoisasi kepada pihak lain tidak mempunyai kompetensi yang mengambil keputusan mediator harus bersikap tegas, dengan meminta para pihak untuk memberikan komitmennya secara konsisten dan concern terhadap kelanjutan proses negoisasi dalam rangka mencapai sasaran yang disepakati bersama maka sebaiknya mediasi tidak perlu dilanjutkan lagi, karena hanya membuang waktu dan tenaga secara percuma.

2.  Keterkaitan emosi yang sangat kuat terhadap asset yang dimiliki.

Salah satu yang dapat diajukan dalam proses mediasi adalah penjualan asset yang dijaminkan oleh debitur. Alternatif ini ditempuh, karena debitur tidak mempunyai uang tunai yang cukup untuk melakukan cash settlement dan memenuhi persyaratan untuk penjadwalan ulang, jika asset tersebut berupa rumah tinggal debitur dan atau asset warisan, maka biasanya debitur sangat keberatan untuk menjual lelang atas asset tersebut

3.  Salah satu pihak tidak mau menanggung kerugian.

Biasanya dalam proses negoisasi para pihak akan berusaha menyampaikan tawaran yang menguntungkan diri sendiri. Kreditur biasanya tidak mau menderita rugi karena turunnya nilai uang yang diterimanya sebagai hasil negoisasi ulang, agar mencapai win win solution.

4.  Moral Hazard

Tindakan ini terjadi biasanya jika perundingan dari para pihak melakukan negoisasi resmi dan negoisasi tidak resmi. Oleh karena itu sebaiknya setiap pertemuan menggunakan daftar prefensi. Dan pada akhir pertemuan para pihak menandatangai hasil pertemuan tersebut. Pihak mediator sendiri secara etis tidak boleh terlibat dalam setiap tindakan yang mengarah moral hazard, ini semua untuk menjaga kredibilaitas dari mediator.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: