KUR Antara Harapan Dan Realisasi

Kredit Usaha Rakyat (KUR) sejak diluncurkan 5 November 2007 dengan fasilitas penjaminan kredit dari pemerintah melalui PT. Askrindo dan Perum Sarana Pengembangan Usaha. Serta enam perbankan yang menyalurkan yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Syariah Mandiri dan Bukopin. Masih dirasa belum optimal demikian penilaian dari Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementrian Negara Koperasi dan UMKM. Penyaluran pada sector yang diharapkan masih jauh dari yang diharapkan terutama pada sector pertanian, perikanan dan kelautan juga sector industri. Sektor yang banyak menyerap dana ini adalah dari sector perdagangan umum dan jasa. Salah satu kendala dalam penyaluran KUR ini adalah masing masing bank penyalur mempunyai persepsi yang berbeda tentang KUR. Bagaimana dengan tahun 2010 yang ditargetkan dapat menyalurkan 20 trilyun kepada UKM. Untuk mencapai ini bank penyalur ditambah dari enam sebelumnya menjadi tiga belas bank termasuk bank daerah di masing masing provinsi.

Lalu bagaimana pendapat pelaku UKM mengenai program KUR ini. Dari hasil kunjungan dan wawancara kepada beberapa pelaku adalah memang tidak semua UKM menjadikan modal sebagai masalah utamanya. Ditilik dari bunga yang ditawarkan juga sama dengan kredit bank pada umumnya. Bunga kredit KUR yang ditawarkan maksimal 22% untuk mikro maksimal lima juta rupiah dan 15-18% untuk pijaman diatas 10 juta dirasa masih belum menarik bagi pelaku usaha.

Perlu dikaji kembali KUR yang merupakan skema pembiayaan yang khusus diperuntukkan UKM dan Koperasi yang usahanya layak namun tidak mempunyai agunan yang cukup masih belum diminati. Sesuai tujuan semula diluncurkannya KUR untuk meningkatkan perekonomian dan pengentasan kemiskinan dan penyerapan tenaga kerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: